Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele Dengan Kolam Terpal Bioflok bag 1



Kolam terpal - Peluang usaha budidaya ikan lele adalah satu dari sekian banyaknya bidang usaha yang telah dijalani masyarakat indonesia pada masa ini. Hal ini tidak lain karena meningkatnya permintaan pasar yang begitu tinggi. 


Selain itu, ikan lele juga menjadi trend tersendiri di dunia kuliner, hal itu bisa dibuktikan dengan tertariknya berbagai jenis lapisan masyarakat dari yang kecil hingga yang tua terhadap hasil olahan ikan ini. 

Lebih jauh lagi, usaha kuliner ‘penyetan’ yang sering menjajakan dagangannya di pinggir jalaana kota maupun pedesaan mayoritasnya menawarkan menu lele sebagai produk unggulan mereka. Bukan hanya itu, ikan lele juga berhasil masuk pada dunia kuliner kelas atas seperti di restoan dan hotel. 

Dengan adanya permintan yang begitu meningkat dari dunia kuliner ini, maka meningkatlah pula jumlah pengusaha budidaya ikan lele. Banyak dari mereka yang sebelumnya sudah mempunyai pengalaman dalam dunia budidaya ikan tawar, tapi tidak sedikit pula yang baru terjun dalam bidang ini. 

Rata rata dari mereka yang tertarik untuk bergelut dalam dunia budidaya ikan lele adalah karena mudahnya perawatan atau pengurusan ikan lele dibandingkan jenis ikan tawar lainnya. Selain itu, prospek bisnis budidaya ikan lele juga terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Hal itu terbukti dengan adanya dukungan dari pemerintah Indonesia yang mengadakan program program untuk memaksimalkan hasil budidaya ikan lele. Melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan yang diwakili oleh direktorat jenderal perikanan budidaya, pemerintah RI ingin menngenjot produksi budidaya ikan ikan lele dengan menggunakan sebuah teknologi atau sistem yang bernama bioflok. 

Tips Dan Trik Agar Budidaya Ikan Lele Cepat Panen

Pada dasarnya, usaha budidaya ikan lele tidaklah se-ribet seperti usaha budidaya lainnya. Ikan lele sudah terkenal dengan ketangguhan nya terhadap berbagai jenis lingkungan maupun berbagai jenis pakan. Bahkan, apabila jumlah pakan yang diterima tidak sesuai kadar yang dibutuhkan, lele akan memakan lele yang lainnya. (lele kok makan lele) 

Dikaranakan hal itu, tidak sedikit dari para pemula budidaya ikan lele meremehkan standar dan prosedur yang sesuai dalam pengelolahan budidaya ikan lele, baik itu dari segi bibit, pakan dan juga obat obatan. 

Hasilnya, jumlah hasil panen yang didapat tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan juga kualitas lele yang diperoleh tidak tinggi dan akhirnya gulung tikar. 

Agar tidak terjadi  hal yang demikian, para pelaku budidaya ikan lele harus memperhatikan beberapa hal yang itu mungkin kelihatan remeh dan sepele akan tetapi sangat berpengaruh pada kualitas ikan saat panen nanti. 

Berikut adalah point point penting dalam pengolahan budidaya ikan lele agar berkualitas dan mendapatkan hasil yang berlimpah ruah: 

1. Bibit Berkualitas Tinggi / Unggul

Bibit yang berkualitas sangatlah mudah untuk didapatkan dipasaran. Akan tetapi, bibit yang tidak berkualitas pun lebih mudah untuk ditemui. 

Maka dari itu, pengetahuan dan ketelitian dalam pemilihan bibit sangat crucial terhadap hasil yang akan didapat. Bak kata pepatah ‘buah yang jatuh gak akan jauh dari pohonya’. (kecuali jatuhnya ke sungai yang mengalir loh) 

Mutiara, Pyton, Sangkuriang, Masamo dan Dumbo adalah diantara jenis bibit ikan lele yang paling banyak tersedia di pasaran. 

Ketika akan memilih bibit, maka sertifikat bibit dan uji kualitas adalah hal yang paling utama. Selain itu, bibit yang disortir pertama kali memiliki keunggulan daripada sortiran kedua dan ketiga yang cenderung lambat pertumbuhannya dan akan mempengaruhi kualitas ikan ketika panen.

Ciri ciri bibit yang unggul:

1.Memiliki gerakan yang aktif
2.Tidak diam saja dan menggantung
3.Warna cerah
4.Berenang secara normal
5.Ukuran 4-8cm

2. Pemilihan Media

Dari banyaknya media untuk budidaya ikan lele, kolam terpal adalah pilihan yang paling tepat untuk budidaya ikan lele karena memiliki beragam keunggulan dari media lainnya diantaranya adalah:
  1. Kolam terpal bulat sangat fleksibel karena bisa dipindahkan dimanapun lahan yang sesuai
  2. Kolam terpal bulat sangat efisien, karena kolam terpal bulat tidak harus membutuhkan lahan yang lebar 
  3. Dengan kolam terpal bulat, hasil panen tidak berbau lumpur dan lebih bersih dari pada lele dari kolam tanah
  4. Bekerja menggunakan kolam tarpal lebih hemat waktu, biaya dan energi. 
  5. Angka kematian ikan yang rendah, kolam terpal bulat tidak memiliki sudut seperti kolam terpal kotak sehingga ikan lebih leluasa untuk bergerak.
  6. Dst....

Ada banyak toko online yang menyediakan kolam terpal, baik itu yang bulat maupun yang kotak. Kami menyarankan anda untuk memilih kolam terpal yang berkualitas juga terpercaya dan pastinya harganya juga harus berpatutan. 

3. Managemen Pakan

Dalam pemberian pakan pada bibit harus mengikuti kadar yang sesuai dengan setiap kebutuhan. Karena apabilah pemberia pakan tidak sesuai kadar akan berpengaruh pada kesehatan ikan itu sendiri. Pemberian pakan yang berlebihan akan menyusahkan bibit ikan untuk mencerna makanan tersebut yang akhirnya akan meyebabkan kematian. 

Maka dari itu,  ketika memberi pelet pada bibit ikan sebaiknya menggunakan probiotik karena pelet yang sudah difermentasi akan lebih mudah dicerna dan nutrisinya akan lebih terserap oleh tubuh sehingga akan menghasilkan lele yang berkualitas dan akan sangat menguntungkan karena nutrisi yang tepat sasaran akan mempengaruhi pertumbuhan lele dan mempercepat masa panen. 

Penggunaan probiotik juga akan menghemat biaya karena dapat menekan jumlah pakan yang akan digunakan. Selain itu, keuntungan lain dari penggunaan probiotik adalah menjadikan air tidak berbau dan menjaga kualitas air.


Berikut adalah diantara sebagian point point penting dalam pengolahan budidaya ikan lele dan akan kita lanjutkan pada artikel selanjutnya.

Bagi anda yang ingin membeli kolam terpal bulat untuk budidaya ikan lele agar hasil bertambah hingga lima kali lipat, kami menyediakan kolam terpal berkualitas tinggi.

Hubungi kami di :

Nomor : 0812 5931 1689

Email : cs.juraganterpal@gmail.com

Official web : juraganterpal.com

Komentar