Cara Sukses Ternak 1000 Lele Di Kolam Terpal


Kolam terpal - Peluang usaha apa yang menggoda untuk hari ini? Jawaban tepat yang bisa diperhitungkan adalah budidaya ikan lele. Lele menjadi makanan yang selalu ada di setiap warung makan, restoran bahkan pemancingan.


Masakan yang berbahan dasar ikan lele sangat disukai oleh banyak orang dari segala macam umur. Bahkan harga ikan lele mentah juga cenderung stabil dan terjangkau bagi konsumen dan menguntungkan bagi pa pembudidaya untuk diperdagangkan di banyak pasar tradisional  dan supermarket besar.

Setelah di survei, ternyata banyak pembudidaya ikan yang memperoleh lebih banyak ikan lele dan panen ikan berkualitas karena menggunakan kolam terpal.

Rahasia Sukses usaha ternak ikan lele menggunakan kolam terpal

Sebuah usaha haruslah dimulai dengan ketulusan, kesungguhan dan kesabaran. Kesungguhan yang dimaksud adalah konsistensi dan daya juang yang tinggi. 

Jangan berputus asa  jika nanti menemukan banyak kendala dan hambatan yang terjadi di lapangan. Berikut ini adalah beberapa kiat sukses yang bisa digunakan sebagai berikut:

1. Memilih bibit Lele dumbo Jenis Sangkuriang

Bibit lele sangkuriang adalah jenis bibit ikan lele dengan kualitas produktivitas yang sangat tinggi dan sudah terbukti dan terkenal mempunyai rasa yang lebih enak jika dibandingkan dengan bibit lele biasa lainnya. Selain itu, bibit lele jenis sangkuriang ini juga lebih tahan dan kuat dalam menghadapi berbagai penyakit.

2. Ikutilah Panduan Budidaya Lele Yang Baik Dan Benar

Lele harus hidup dengan suhu sekitar 30 derajat celcius. Lokasi bisa dimana saja, asalkan mendapat sinar matahari langsung.

3. Pembesaran ikan Lele di kolam terpal

Untuk pembesaran 1000 ikan lele menggunakan kolam terpal maka ukuran minimal untuk jumlah tersebut adalah 5 x 2. 

Ukuran tersebut adalah ukuran minimal untuk 1000 biji ikan lele dan sangat disarankan untuk tidak menambahkan jumlahnya karena hanya akan mempengaruhi kualitas dan juga ikan akan kekurangan ruang sehingga bisa mati.

4. Memilih Kolam Terpal Yang Bermutu

Ada banyak toko yang menawarkan kolam terpal, baik itu yang bulat maupun yang kotak. Kami menyarankan anda untuk memilih kolam terpal yang benar benar berkualitas dan juga terpercaya. 

Kualitas terpal yang digunakan untuk membuat kolam sangatlah banyak pengaruhnya pada kualitas lele yang akan dipanen.


Penggunaan kolam terpal harus dipertimbangkan sebelum digunakan. Jangan lupa cuci terlebih dulu agar tidak tercium bau lem. Lem akan menjadi racun terhadap ikan jika sudah bercampur dengan air. 

Apabila sudah dicuci, pastikan Anda mengeringkan kolam sampai kering. Kemudian mulai memasukkan air dan periksa apakah ada kebocoran pada terpal tersebut.


Bagi anda yang ingin membeli kolam terpal bulat untuk budidaya ikan lele agar hasil bertambah hingga lima kali lipat, kami memproduksi kolam terpal berkualitas tinggi.

Hubungi kami di :

Nomor : 0812 5931 1689

Email : cs.juraganterpal@gmail.com

Official web : juraganterpal.com

Komentar